Monday, April 21, 2014

keunikan singa laut

1. Prilaku Adopsi Singa Laut
Singa laut ternyata memiliki kepedulian kepada sesamanya. Dari hasil penelitian yang dilakukan sejumlah pakar menyimpulkan jika singa laut bisa mengadopsi bayi dari singa laut lain yang sudah yatim piatu. Hasil penelitian tersebut dikemukakan oleh Ramona Flatz dari Arizona State University dalam publikasinya di jurnal online yang terbit pada 8 November 2010. Penelitian Flatz dimulai ketika melakukan percobaan di dua lokasi di Teluk California, yaitu perairan pulau San Jorge dan Pulau Los Islotes.  Ia membandingkan dna antara induk dan anak singa laut, yang ternyata hasilnya menyatakan banyak ketidaksamaan di antara keduanya.
Selain adopsi, singa laut juga memiliki prilaku mengasuh lain yang disebut Alloparenting. Prilaku tersebut merujuk pada pengasuhan bayi sementara oleh induk lain. Kendati demikian, Flatz meyakini jika hasil penelitiannya itu adalah akibat prilaku adopsi dan bukan karena alloparenting. Menurut Flatz, itu semua akibat prilaku adopsi. Fakta yang diketahui adalah semua induk hanya mengasuh satu bayi saja dan itu bukan yang dilahirkannya sendiri. Sisi positif dari prilaku adopsi tersebut adalah dapat membantu kelangsungan hidup dan populasi singa laut.
Prilaku Adopsi Singa Laut(sumber:blogspot.com,uniknya.com)
Prilaku Adopsi Singa Laut(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

2. Singa Laut Terbesar di Dunia
Singa laut pada umumnya memiliki tubuh yang cukup besar. Namun pernahkah Sobat Unik melihat seekor singa laut dengan ukuran tubuh yang tak lazim atau lebih besar dari kebanyakan. Bahkan, singa laut tersebut dijuluki sebagai yang terbesar di dunia. Ya, singa laut yang bernama Minazo itu memiliki berat hingga dua ton dengan panjang tubuh empat meter. Namun demikian,  Minazo yang tinggal dan dilatih di Enoshima Aquarium di Fujisawa, prefektur Kanagawa, Jepang, dikenal cukup ramah dan akrab dengan pengunjung.
Minazo mulai dipelihara di Akuarium Enoshima sejak ia berusia setengah tahun pada tahun 1995. Pada tahun 2007, Minazo menjadi subyek makro gambar mirip dengan lolcat yang disebut lolrus. Seorang pelatih yang bernama Masami akita kemudian menyarakankan sejumlah pertunjukan Minazo. Dengan tubuh yang sangat besar, Minazo tentu tidak mampu memenuhi jadwal pertunjukan yang padat. Hewan besar ini juga pernah tampil di beberapa desain t-shirt. Minazo kemudian kelelahan yang mengantarkannya pada kematian.
Singa Laut Terbesar di Dunia(sumber:blogspot.com,uniknya.com)
Singa Laut Terbesar di Dunia(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

3. Singa Laut California
Singa laut California merupakan binatang pinnipedia yang paling terkenal. Memiliki kepala, moncong tajam dan bentuknya mengingatkan kita pada anjing. Bulunya pendek, sedangkan kaki siripnya panjang berkulit kasar dan memiliki kuku. Singa laut California ini terkenal karena selain bobot tubuhnya yang lebih besar dari kebanyakan, juga karena tingkat kecerdasannya. Ahli hewan laut bernama Ronald J. Schusterman dan rekannya telah mempelajari kemampuan kognitif singa laut California. Mereka menemukan bahwa singa laut mampu mengenali hubungan antara stimuli berdasarkan fungsi yang sama atau hubungan yang dilakukan dengan rekan mereka, bukan hanya stimulus fitur-fitur umum.
Tak hanya untuk kepentingan hiburan, singa laut California juga telah digunakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat untuk kepentingan militer. Para singa laut California dilatih untuk bisa mendeteksi ranjau dan penyelam musuh. di Teluk Persia, hewan ini bisa berenang balik mendekati Kapal Laut AS dan melampirkan penjepit dengan tali kaki penyelam. Pejabat Angkatan Laut AS mengatakan, singa laut califronia dapat melakukan hal itu dalam hitungan detik sebelum musuh menyadari apa yang terjadi.
 Singa Laut California(sumber:blogspot.com,uniknya.com)
Singa Laut California(sumber:blogspot.com,uniknya.com)
4. Wilayah Kekuasaan dan Komunikasi Suara
Menjelang musim kawin, singa laut jantan akan membatasi daerah kekuasaanya untuk berkembang biak di pantai. Musim kawin singa laut biasa terjadi pada Mei sampai Juli. Tempat berkembang biak singa laut yang biasa menghabiskan dua pertiga waktunya di darat disebut sarang atau rookey. Tempat ini sangat berisik karena sang jantan akan terus mengaum untuk mempertahankan sarangnya. Suara berisik tak hanya dikeluarkan oleh sang jantan, namun juga singa laut betina terutama pada saat akan melakukan perkawinan.
Suara raungan yang keras membantu menjelaskan mengapa mamalia ini dinamakan singa laut. suara tersebut dianggap sama dengan auman singa yang hidup di daratan. Pada beberapa spesies, singa laut jantan bahkan memiliki bulu yang tumbuh pada tengkuk di sekitar leher mereka seperti surai atau bulu di leher singa yang ada di daratan.
Wilayah Kekuasaan dan Komunikasi Suara(sumber:blogspot.com,uniknya.com)
Wilayah Kekuasaan dan Komunikasi Suara(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

5. Bahaya Singa Laut
Singa laut dapat digolongkan sebagai hewan lucu, pintar dan menarik perhatian. Seperti telah diulas tadi, singa laut yang sudah dilatih mampu mempertontonkan atraksi menarik di akuarium, sirkus atau pertunjukan lumba-lumba. Kendati demikian, perangai singa laut sangat tidak terduga. Hewan ini bisa bersikap agresif dan menyerang hingga membahayakan manusia. Apalagi singa laut memiliki gigi tajam, tak terbayangkan jika singa laut menyerang dan mengigit manusia. Sikap singa laut menjadi sangat sensitif dan agresif biasanya muncul pada saat musim kawin ketika birahinya tinggi.
Karenanya, pada musim kawin manusia sangat tidak dianjurkan untuk mendekati singa laut. Pada tahun 2006 lalu beberapa kasus penyerangan singa laut kepada manusia dilaporkan terjadi di Pantai Manhattan, Newport dan San Fransisco. Pada tahun 2007, seekor singa laut juga diberitakan menyerang seorang anak perempuan berusia 13 tahun di Pantai Australia Barat. Beberapa ilmuwan mengatakan, perangai singa laut sulit diduga dan bisa tiba-tiba menjadi agresif, termasuk mereka yang sudah terlatih. Dengan gambaran tersebut, maka sangat tepat jika para peneliti menyatakan jika singa laut memiliki perangai yang sulit diduga.(**)
Bahaya Singa Laut(sumber:blogspot.com,uniknya.com)

No comments:

Post a Comment